Breaking News
Loading...
Senin, 17 Maret 2014

Apa itu Otak Beku atau Brain Freeze

 photo brainfreeze_zps5432c787.jpg 
Brain Freeze??? Serem amat dengernya :O Otak bisa beku? Kalau otak beku artinya semua fungsi tubuh kan ikut beku? Bahasa kerennya, tubuh kita ‘mati’ sesaat. Sebenarnya brain freeze adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kondisi nyeri kepala setelah mengkonsumsi makanan dingin, nyeri kepala ini dikarenakan sesuatu yang dingin menyentuh saraf yang berada diatap mulut (langit-langit) yang merangsang pembuluh darah di bagian depan kepala untuk vasokonstriksi (mengkerut) sehingga menimbulkan nyeri kepala.

Berikut ini beberapa langkah untuk meringankan efek akibat brain freeze :
1. Memahami apa yang menyebabkan otak membeku. Ketika benda dingin menyentuh langit-langit mulut Anda, pembuluh darah sebagai berkontraksi sebagai respon dalam upaya untuk mencegah hilangnya panas tubuh. Ketika dingin berkurang, syaraf di dinding mulut  rileks lagi, dengan cepat meningkatkan aliran darah ke otak. Aliran darah secara tiba-tiba inilah yang menyebabkan sensasi sakit kepala.

2. Mencegah makanan dingin dari menyentuh langit-langit mulut Anda. Maskimalkan penggunaan lidah untuk menyesap es krim tersebut sebelum bersentuhan dengan dinding mulut.

3. Membuat nuansa hangat di dalam mulut anda. Hal ini dilakukan, karena pembuluh darah di dalam dinding mulut bagaian atas itiulah yang sangat sensitif. Hal sederhana berikut bisa dilakukan: 

  • Menyentuhkan lidah ke langit-langit mulut. Jika sahabat dapat menggulung lidah, tempelkan bagian bawah lidah ke langit-langit mulut. Ini memberikan efek hangat bagi embuluh darah di sekitarnya.
  • Minum minuman yang hangat. Perlahan-lahan menghirup air suhu dengan suhu kamar juga dapat dilakukan untuk meringankan efek brain freeze.
  • Mentup muka dengan kedua tangan. Seperti saat sahabat bermain ‘ciluk ba’-an dengan anak kecil. Bernapaslah dengan cepat, ini dapat meningkatkan suhu di dalam mulut Anda.
  • Tekan ibu jari melawan langit-langit mulut.


4. Menunggu. Brain freeze biasanya akan sembuh sendiri dalam waktu 30-60 detik. Terkadang efek sakit kepala akibat brain freeze ini menimbulakn sedikit trauma, padahal akibatnya tidaklah terlalu serius.

Refrensi
Next
This is the most recent post.
Posting Lama

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2012 Inoxia All Right Reserved
Designed by CBTblogger